WELCOME

This is not profesional blog. Just share and learn together. For optimum display please use google chrome browser. Thanks for visiting

Selasa, 02 April 2013

Apa itu PROFIBUS?


Profibus adalah sistem komunikasi digital dengan berbagai aplikasi yang luas, khususnya dibidang pabrik dan proses otomatisasi. Profibus cocok untuk kedua keunggulan yaitu, waktu-aplikasi kritis yang cepat dan tugas komunikasi yang kompleks.

Komunikasi Profibus berlabuh dalam standar internasional IEC 61.158 dan 61.784 IEC. Aspek aplikasi dan engineering ditentukan dalam pedoman umum dari PROFIBUS User Organization (organisasi pengguna profibus). Pengguna ini memenuhi permintaan untuk produsen independensi dan adanya keterbukaan serta  menjamin komunikasi antar perangkat dari berbagai produsen.

1. Sejarah
    Sejarah PROFIBUS bermula kembali ke proyek usaha asosiasi yang didukung oleh otoritas publik, dan dimulai pada tahun 1987 di Jerman. Dalam kerangka venture ini, 21 perusahaan dan lembaga bergabung dan menciptakan proyek field bus yang strategis. Tujuannya adalah realisasi dan pembentukan fieldbus bit-serial,
yang mana merupakan kebutuhan dasar standarisasi dari interface perangkat lapangan. Untuk tujuan ini, anggota perusahaan yang relevan dari ZVEI (Pusat Asosiasi Industri Listrik di jerman)   sepakat untuk mendukung sebuah konsep teknis yang sama untuk pabrik dan proses otomatisasi.
Langkah pertama melihat spesifikasi dari komunikasi kompleks protokol Profibus FMS (Fieldbus message specification), yang mana disesuaikan dengan tuntutan tugas komunikasi. Langkah selanjutnya pada tahun 1993 melihat penyelesaian spesifikasi untuk konfigurasi yang lebih sederhana dan protokol  Profibus DP( Decentralized Periphery)  yang lebih cepat. Protokol ini sekarang tersedia dalam tiga fungsional scalable, yaitu versi DP-V0, DP-V1 dan DP-V2

2. Posisi pasar
    Membangun dua protokol komunikasi, ditambah dengan pengembangan berbagai aplikasi-berorientasi pada profil dan  kecepatan meningkatnya jumlah perangkat, Profibus mulai menjadi yang terdepan, awalnya
dalam otomatisasi pabrik dan sejak tahun 1995 dalam otomatisasi proses.Saat ini, PROFIBUS adalah  pemimpin pangsa pasar fieldbus dunia dengan lebih dari  20% dari pasar, hampir 500.000 melengkapi aplikasi dan lebih dari 5 juta node. Saat  ini, ada tersedia lebih dari 2000 produk PROFIBUS dari berbagai produsen.
.
                                                              Gb. struktur sistem teknik profibus


Profibus memiliki desain modular dan menawarkan berbagai teknologi komunikasi, banyak aplikasi dan sistem profil, serta sebagai alat manajemen perangkat. Demikian profibus mencakup beragam dan tuntutan aplikasi yang spesifik dari bidang pabrik dan proses otomatisasi. Banyaknya jumlah profibus yang di install di plant adalah bukti dari tingginya penerimaan teknologi fieldbus ini.


Dari sudut pandang teknologi komunikasi di tingkat yang lebih rendah dari struktur sistem Profibus (lihat gb di atas) didasarkan pada referensi model ISO/ OSI tersebut.. Ini sengaja memberikan deskripsi abstrak dari
langkah komunikasi tanpa memberikan rincian isi / implementasi praktis. Gambar di atas berisi penerapan model OSI (lapisan 1, 2 dan 7).
Di profibus terdapat rincian tentang bagaimana lapisan yang individual dilterapkan / ditentukan. Spesifikasi yang disepakati antara produsen dan pengguna dalam aplikasi perangkat yang spesifik disusun di atas 7 lapis (layer) dalam aplikasi profil I dan II.
Gb. aplikasi profibus




PROFIBUS DP (Decentralized Periphery) adalah tujuan utamanya untuk pabrik otomatisasi, hal itu menggunakan teknologi transmisi RS485. Suatu versi protokol komunikasi DP dan satu atau lebih type aplikasi profil dari pabrik otomatisasi, adalah seperti ident Sistem atau Robot / NC.


PROFIBUS PA  (Process Automation) adalah tujuan utamanya untuk proses otomatisasi, biasanya dengan teknologi transmisi MBP-IS, protokol komunikasi versi DP-V1 dan perangkat profil aplikasi PA.


MOTION CONTROL dengan PROFIBUS adalah tujuan  utamanya untuk
Teknologi drive (inverter)  menggunakan teknologi transmisi RS485, protokol komunikasi versi DPV2
dan profil aplikasi PROFIdrive.


PROFISAFE adalah tujuan utamanya untuk keamanan (penggunaan universal hampir untuk semua industri), teknologi transmisi menggunakan RS485 atau MBP-IS, salah satu DP tersedia versi untuk komunikasi dan profil aplikasi PROFISAFE.


3. Teknologi transmisi
    Ada berbagai macam teknologi transmisi yang dapat digunakan untuk profibus:


RS485 adalah teknologi transmisi yang paling umum digunakan. Itu menggunakan kabel shielded twisted pair  dan memungkinkan tingkat transmisi sampai 12 Mbit / detik.
Gb. wiring RS485



RS485-IS adalah teknologi baru yang  baru-baru ini ditetapkan sebagai media 4-kawat di jenis perlindungan EEx-i untuk digunakan dalam area explosion proof. Hal itu dilakukan dengan cara menentukan tingkat tegangan dan arus yang mengacu pada keselamatan yang relevan. Maksimum nilai-nilainya  tidak boleh melebihi baik dalam perangkat individu atau selama interkoneksi dalam sistem.


Teknologi transmisi MBP (Manchester coded, Bus Powered), tersedia untuk aplikasi dalam proses
otomatisasi dengan permintaan untuk bus powering dan intrinsik keamanan perangkat.
Tabel. perbedaan teknologi transmisi



Transmisi Fiber optik sangat cocok untuk digunakan di daerah dengan gangguan elektromagnetik yang tinggi atau di mana jarak jaringan yang lebih besar (panjang).

                                                               Gb. type fitur aplikasi profibus




Gb. Kabel profibus





Dikutip dari : Katalog profibus siemens, august 2002. Dengan di edit seperlunya tanpa mengurangi makna dan isi.










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar