WELCOME

This is not profesional blog. Just share and learn together. For optimum display please use google chrome browser. Thanks for visiting

Rabu, 03 April 2013

MCC (Motor Control Center)

Sistem distribusi listrik yang digunakan dalam aplikasi komersial dan industri besar umumnya sangat kompleks. Daya listrik dapat didistribusikan melalui switchgear, switchboards, transformator, dan panel boards. Daya yang didistribusikan ke seluruh aplikasi komersial atau industri digunakan untuk berbagai aplikasi seperti pemanasan (heating), pendinginan (cooling), pencahayaan (lighting), dan motor drive. Tidak seperti power distribution type lain, yang digunakan dengan berbagai jenis beban.  MCC panel  khusus untuk mengontrol distribusi tenaga ke motor listrik.
Gb. struktur MCC


Dimanapun motor digunakan, motor tersebut harus dikontrol. Dalam postingan kali ini kita akan sama2 belajar mengenai dasar dari MCC serta apa saja kontrol yang digunakan untuk mengontrol operasi motor. Misalnya, jenis yang paling dasar dari pengendali motor AC , yaitu memutar (menghidupkan) motor dan kemudian mematikannya. Hal ini sering dilakukan dengan menggunakan motor starter yang terdiri dari kontaktor dan overload relay.
Kontak kontaktor ketika close untuk start motor dan ketika open untuk stop motor. Hal ini dilakukan secara electromechanical dan seringkali memerlukan  pushbuttons start stop serta perangkat lain seperti kabel untuk mengendalikan kontaktornya.

Overload relay memproteksi motor dengan cara memutuskan aliran listrik ke motor saat kondisi overload (beban lebih). Meskipun pverload relay memberikan proteksi dari beban lebih, tetapi tidak memberikan proteksi terhadap terjadinya hubung singkat untuk jaringan kabel yang memasok listrik ke motor. Untuk alasan ini, maka kita gunakanlah fuse atau sekring.
Gb. rangkaian control motor sederhana.

Biasanya satu motor starter digunakan untuk mengontrol satu motor. Ketika  secara geografis motor AC yang digunakan letaknya berpencar-pencar, sistem proteksi dan  komponen kontrol mungkin diletakkan dalam panel dan dipasang dekat motor.
                                                      Gb. panel kontrol

Di banyak aplikasi komersial dan industri, cukup beberapa motor listrik yang diperlukan, dan sering diinginkan untuk mengendalikan beberapa atau bahkan semua motor dari pusat lokasi. Peralatan yang dirancang untuk fungsi ini disebut MCC (motor control center).

MCC adalah menyederhanakan pengelompokan fisik kombinasi starter dalam satu perakitan. Kombinasi starter adalah suatu panel yang berisi motor starter, sekering atau fuse, dan perangkat lain untuk melepaskan (disconnecting) power. Perangkat lain yang berhubungan dengan motor, seperti pushbuttons dan lampu indikator juga termasuk didalamnya.
Gb. peta kedudukan MCC







Dikutip dari: Electricity basic of siemens manual, dengan diedit seperlunya tanpa 
              mengurangi makna dan isi.



1 komentar: