WELCOME

This is not profesional blog. Just share and learn together. For optimum display please use google chrome browser. Thanks for visiting

Jumat, 05 Oktober 2012

Sistem Bilangan dalam PLC

Karena PLC adalah komputer, menyimpan informasi dalam bentuk kondisi ON/ OFF (1 atau 0), disebut sebagai digit biner (bit). Kadang-kadang angka biner yang digunakan secara individual dan kadang-kadang
mereka digunakan untuk mewakili nilai-nilai numerik.

Sistem Desimal
Ada berbagai sistem bilangan yang digunakan oleh PLC. Semua sistem bilangan memiliki tiga karakteristik yang sama: digit, base, weight. Sistem desimal, yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, memiliki
 karakteristik berikut :
Ten digit      0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Base           10
Weight        1, 10, 100, 1000, .....

Sistem Biner
Sistem biner digunakan oleh pengendali yang dapat diprogram.  Sistem biner memiliki karakteristik sebagai berikut :
Two digit    0, 1
Base           2
Weight       Kelipatan 2 (1, 2, 4, 6, 8,.......)

Dalam sistem biner 1 dan 0 tersebut diatur ke dalam kolom. Masing-masing kolom mempunyai nilai pangkat (weight). Kolom pertama memiliki pangkat, biner 2 pangkat 0. Ini setara dengan 1 desimal. Hal ini disebut sebagai LSB (least signifikan bit). Pangkat biner bernilai dua kali lipat. Kolom berikutnya, misalnya, memiliki pangkat, dari 2 pangkat1, yang setara dengan 2 desimal. Nilai desimal dua kali lipat dalam masing-masing kolom. Jumlah sebelah paling kiri kolom disebut sebagai MSB (most signifikan bit). dalam hal ini
Sebagai contoh, bit yang paling besar memiliki pangkat biner, 2 pangkat 7. ini
ini setara dengan 128 desimal.

Konversi Biner Ke Desimal
Langkah-langkah berikut dapat digunakan untuk meng-konversi bilangan desimal dari bilangan biner.
1) Cari nilai bit yang paling kecil (LSB)
2) Tuliskan representasi desimal dari setiap kolom yang bernilai 1.
3) Tambahkan nilai kolom

Pada contoh berikut ini, kolom ke empat dan ke lima dari sisi kanan bernilai 1. Nilai desimal dari kolom keempat dari kanan adalah 8, dan nilai desimal dari kolom kelima dari sebelah kanan adalah 16. Bilangan desimal yang setara dari bilangan biner ini  adalah 24. 

NOTE : 1 digit membentuk 1 bit, 8 bit membentuk 1 byte. 2 byte atau 16 bit membentuk 1 word.


Logic 0, logic 1
PLC hanya dapat memahami sinyal ON atau OFF (1 atau 0). Sistem biner adalah sistem di mana hanya ada dua angka, 1 dan 0. Biner 1 menunjukkan bahwa ada sinyal, atau saklar On. biner 0 menunjukkan bahwa tidak ada sinyal, atau saklar  Off.
BCD
Biner-Coded Decimal (BCD) adalah angka desimal di mana 1digit s diwakili oleh bilangan 4 bit bilangan biner. BCD umumnya digunakan dengan perangkat input dan output. Sebuah thumbwheel Switch adalah salah satu contoh dari perangkat input yang menggunakan BCD. Bilangan 4 bit bilangan biner yang dibagi menjadi kelompok, masing-masing kelompok mewakili  1 bilangan desimal. Sebuah saklar thumbwheel empat digit, seperti yang ditampilkan di sini, akan mengendalikan 16 (4 x 4) PLC masukan.


Hexa Desimal
Heksadesimal adalah sistem lain yang digunakan dalam PLC. Sistem heksadesimal ini memiliki karakteristik sebagai berikut:



16 digit  1,2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, F
Base       16
Weight    1, 16, 256, 4096, .....

A = 1O               D = 13

B = 11                 E = 14
C = 12                 F = 15

Sistem heksadesimal digunakan dalam PLC karena memungkinkan status bit biner dengan jumlah besar  untuk diwakili dalam ruang kecil seperti pada layar komputer atau perangkat pemrograman. Setiap digit heksadesimal mewakili status empat bit biner. Untuk mengkonversi angka desimal ke angka heksadesimal, angka desimal dibagi oleh dasar dari 16. Untuk mengkonversi 28 desimal, misalnya, untuk heksadesimal :
28 desimal dibagi dengan 16 adalah 1 dengan sisa 12. Dua belas adalah setara dengan C dalam heksadesimal. Jadi 28 desimal adalah sama dengan 1 C hexa desimal.
Nilai desimal dari sejumlah heksadesimal diperoleh dengan mengalikan digit heksadesimal  dengan dasar pangkat 16 dan kemudian menambahkan hasil. Pada contoh berikut yaitu 2B heksadesimal dikonversi menjadi desimal sama dengan 43.

Konversi Bilangan 
Grafik berikut menunjukkan nilai numerik beberapa bilangan dalam desimal,biner, BCD, dan representasi heksadesimal.











2 komentar:

  1. register dapet $2.buruan gabung di : http://visitors2cash.com/ref.php?refId=24288

    BalasHapus